Trovants Batu yang dapat berkembang dan berpindah Tempat



Trovants Batu yang dapat berkembang dan berpindah Tempat

ON VS OFF - Sungguh aneh jika anda membayangkan sebuah benda mati yaitu batu, bisa berkembang dan berpindah tempat seperti manusia.

Namun Di Rumania, ternyata ada sebuah batu yang justru akan tumbuh semakin besar ketika hujan. Batu yang dikenal dengan nama Trovants ini juga dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa dipindahkan oleh siapapun.

Seperti dilansir OddityCentral, Batu yang ditemukan di sebuah desa di Costesti tersebut menunjukkan fenomena geologi yang menakjubkan dengan sifatnya yang seolah-olah hidup. Trovants dihasilkan oleh aktivitas seismik. Ketika terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dapat tumbuh hingga enam sampai delapan meter. Batu unik ini, terdiri dari inti batu dengan kulit luar berupa pasir.

Sementara itu, beberapa ilmuwan melakukan penelitian untuk menjelaskan keanehan yang terjadi dengan batu unik ini. Menurut mereka hal yang membuat batu-batu itu tumbuh adalah di bawah bagian batu mengandung unsur mineral yang tinggi. Sehingga, ketika permukaannya basah, mineral mulai menyebar dan akan menekan pasir untuk membesar.

Kini, batu-batu Trovants ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang populer di Rumania. Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini pun Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO

Related News

1 komentar: