Teh Hijau Ternyata Punya Efek Negatif Bagi Tubuh

Teh Hijau Ternyata Punya Efek Negatif Bagi Tubuh

Teh Hijau Ternyata Punya Efek Negatif Bagi Tubuh

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur memang sangat baik bagi kesehatan. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi minuman ini sangat baik bagi peremajaan kulit, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun ternyata teh hijau juga memiliki efek negatif yang dapat merugikan kesehatan.

Mengonsumsi teh hijau secara terus menerus memang kurang baik. Agar tak menimbulkan efek samping negatif sebaiknya konsumsi teh hijau satu hingga tiga cangkir saja sehari. Berikut ini efek negatif yang bisa ditimbulkan dari konsumsi teh hijau yang berlebihan.

Menghambat penyerapan nutrisi

Teh hijau dapat mengurangi bioavailabilitas besi non heme yang berarti tubuh kurang mampu menyerap nutrisi ini. Besi non heme merupakan jenis utama dari zat besi yang terkandung dalam kacang-kacangan. Mengonsumsi teh di antara waktu makan sebaiknya dihindari agar penyerapan zat besi di dalam tubuh optimal.

Interaksi medis

Teh hijau umumnya aman bagi orang sehat. Akan tetapi jika sedang mengonsumsi obat perlu berhati-hati. Teh hijau dapat menciptakan masalah jika Anda menggunakan stimulan, hormon, antibiotik, obat pengencer darah dan obat asma. Selain itu, teh hijau juga dapat memperburuk diare, glaukoma dan juga gangguan pendarahan.

Gangguan sekresi

Meskipun kaya akan antioksidan, terlalu banyak mengonsumsi teh hijau diketahui menyebabkan gangguan seksresi hormon kelenjar dalam tubuh. Agar tidak terjadi sekresi yang berlebihan, sebaiknya batasi konsumsi teh hijau yaitu 2-3 cangkir sehari.

Gangguan pencernaan

Teh hijau mengandung tanin yang dapat merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Efeknya pun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Akan tetapi bagi orang yang memiliki gangguan pencernaan akan menimbulkan masalah refluks asam. (dtk/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply