Kelinci Giok Cina Jelajahi Bulan

kelinci giok, cina, bulan, robot cina

Kelinci Giok Cina Jelajahi Bulan

ON VS OFF - Kendaraan robot milik Cina yang diberi nama Kelinci Giok, mulai menjelajahi permukaan bulan, Robot ini mempunya berat 120kg . Cina menjadi negara ketiga yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasanya di bulan.

Nama robot -yang dipilih dari jajak pendapat daring terhadap 3,4 juta responden- berasal dari legenda Cina tentang kelinci yang hidup sebagai binatang peliharaan Dewi Bulan Chang'e.

Robot penjelajah beroda enam diturunkan dari wahana tersebut di dataran vulkanik berdiameter 400km yang sering disebut Teluk Pelangi. Selama tiga bulan, Robot ini akan mengumpulkan berbagai data tentang tanah dan lapisannya disana.

Robot ini dapat memanjat lereng dengan kemiringan hingga 30 derajat dan bergerak dengan kecepatan 200 meter per jam, demikian menurut perancangnya, Shanghai Aerospace Systems Engineering Research Institute.

Sabtu (14/12) kemarin, wahana luar angkasa Cina - yang membawa robot itu - berhasil mendarat di belahan utara bulan, yang merupakan pendaratan pertama semenjak 1976.

Pendaratan Chang'e-3, nama wahana tersebut, merupakan langkah terbaru sekaligus ambisi Cina dalam misi luar angkasanya. Misi luar angkasa ini diluncurkan dari Xichang pada awal Desember lalu.(cnn)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply