Psikolog: Boneka Tidak Membuat Anak Laki-laki Jadi Feminim

Psikolog: Boneka Tidak Membuat Anak Laki-laki Jadi Feminim

Psikolog: Boneka Tidak Membuat Anak Laki-laki Jadi Feminim

Para orangtua seringkali khawatir jika anak laki-laki mereka bermain boneka atau masak-masakan bersama anak-anak perempuan, lalu melarang anak mereka untuk berhenti bermain mainan anak perempuan. Mereka khawatir anak laki-laki mereka kelak tumbuh menjadi pria yang feminim.

Padahal, menurut psikolog anak dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo, main boneka tidak akan menjadikan anak laki-laki menjadi fenimin. Terlebih bagi anak laki-laki yang masih berusia balita.

"Anak usia balita, satu sampai lima tahun, sedang dalam masa eksplorasi sehingga seharusnya tidak dibatas-batasi. Jika memang suka memainkan boneka, jangan dilarang," tuturnya dalam talkshow "Play IQ... Lebih dari Main" pada Kamis (3/7/2014) di Jakarta.

Namun supaya tidak terjadi yang dikhawatirkan, Vera menyarankan supaya ada pendampingan saat anak bermain. Misalnya setiap anak bermain boneka, orangtua mengajarkan si anak laki-laki untuk berperan sebagai ayahnya.

"Dengan begitu anak belajar perannya sebagai laki-laki harus bagaimana," ujarnya.

Orangtua pun tidak perlu khawatir bila kecenderungan main boneka masih bertahan selepas usia balita. Seiring bertambahnya usia anak, biasanya kebiasaan main boneka akan menghilang dengan sendiri.

Meski membiarkan anak laki-laki bermain boneka, nilai-nilai gender harus ditanamkan di dalam kehidupan sehari-hari sejak dini kepada anak. Vera mencontohkan, anak laki-laki saat dipakaikan celana, pujilah dengan kata-kata "ganteng", dan sebagainya.

Melarang anak bermain, apalagi tanpa memberikan pengertian dan alasan justru akan membuat anak penasaran untuk terus memainkannya. Prinsip ini juga berlaku bagi anak perempuan. (kmp/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply