Tes Pramusim MotoGP: Marquez Tercepat, Rossi Gemilang

motogp, Marquez Tercepat, Rossi Gemilang
Tes Pramusim MotoGP: Marquez Tercepat, Rossi Gemilang

ON VS OFF: Tes resmi pertama MotoGP musim 2014 berakhir kemarin, Kamis (6/2/2014). Tentu saja bintangnya masih tetap Marc Marquez yang konsisten menjaga posisinya sejak hari pertama tes (tiga hari). Juara dunia termuda ini menorehkan waktu 1 menit 59,533 detik, memecahkan rekor Casey Stoner pada 2012, yakni 1 menit 59,607 detik.

Marquez juga merampungkan 20 lap simulasi balapan sesungguhnya, 15 lap secara beruntun di bawah 2 menit 1 detik. ”Saya cukup senang, tapi ini hanya tes pertama. Masih banyak yang harus dikerjakan untuk mencoba berbagai setelan untuk memperoleh data tes selanjutnya,” jelasnya.

Rossi Menjanjikan

Hasil bagus Marquez dibuntuti duo Yamaha, Rossi dan Lorenzo, di pos ke-2 dan ke-3. Rossi dengan waktu 1 menit 59,727 detik, sekaligus menorehkan hasil terbaiknya di sirkuit Sepang. Juara dunia kelas primer 7 kali itu memulai musim 2014 dengan catatan gemilang, lebih menjanjikan ketimbang tahun lalu.

”Saya menemukan feeling yang baik dengan sepeda motor dan ini positif. Saya sedikit mengubah gaya membalap, tidak terlalu memaksa ban bekerja keras menjelang tikungan. Pengalaman dengan (Yamaha) M1 tahun lalu membuat saya harus mempelajari detailnya. Sekarang saya mendapatkan itu,” urainya.

Lorenzo yang berambisi meraih gelar juara tahun ini juga tampil baik, hanya beda tipis dengan Marquez dan Rossi dan berada di posisi ke-3. Waktu terbaiknya 1 menit 59,866 detik dan hanya mengitari sirkuit beberapa lap. Hal itu harus dilakukan untuk meningkatkan performa.

Aleix Espargaro

Paling mengejutkan adalah penampilan Aleix Espargaro di posisi ke-4, dengan waktu terbaik 1 menit 59,998 detik, satu-satunya pebalap open class yang bisa mengganggu para jagoan kelas pabrikan (factory class). Pebalap FTR Yamaha M1 itu menjadi salah satu dari empat pebalap teratas dengan kemampuan di bawah 2 menit!

Hasil kurang bagus dialami tim Ducati. Dovizioso dan Crutchlow plus pebalap tes Michele Pirro tak bisa berbuat banyak. Hanya Dovizioso cukup baik, berada di posisi ke-7. Pada tes pertama ini, Suzuki yang comeback tahun depan, juga bergabung. Hasil yang diperoleh Randy de Puniet masih jauh dari harapan, hanya posisi ke-17.

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply