Helena Costa, Wanita Pertama Pelatih Klub Pria

Helena Margarida dos Santos e Costa


Portal.ONVSOFF.com - Helena Margarida dos Santos e Costa atau bisa dipanggil Helena Costa merupakan pelatih wanita pertama dalam sejarah dunia sepak bola, khususnya di Eropa. Wanita asal Portugal ini baru saja diumumkan sebagai pelatih baru klub Ligue 2 (divisi 2 Liga Prancis), Clermont Foot.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh pihak klub pada Rabu, 7 Mei 2014. Dijelaskan, juru ramu taktik timnas wanita Iran berusia 36 tahun ini bakal menggantikan posisi Regis Brouard dan akan dipresentasikan ke depan publik Clermont usai pertandingan terakhir kompetisi musim sekarang.

Disebutkan bahwa Clerment Foot telah memilih Helena Costa sebagai pelatih baru. "Dia pernah menangani Benfica, tim wanita Odivelas, timnas Qatar, Iran sekaligus menjadi pemandu bakat bagi Celtic. Penunjukkan Helena akan menjadi era baru bagi Clerment Foot,"

Sejauh ini Clerment Foot berada di posisi ke-14 klasemen sementara dengan hanya dua laga tersisa. Bek Anthony Lippini mengaku tak sabar menunggu kehadiran pelatih anyarnya yang lain dari yang lain ini.

"Saya bicara kepada fisioterapis tim bagaimana jika wanita masuk ke lingkungan yang sangat macho seperti ini. Mungkin akan mengejutkan awalnya. Tapi lihat saja wanita di kalangan tentara. Saya pikir itu akan sama saja nantinya," ungkap Lippini dikutip The Guardian. (viva/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply