Lembaran Tipis Penyimpan Data

Lembaran Tipis Penyimpan Data


Portal.ONVSOFF.com - Para peneliti tengah mengembangkan alat penyimpan data portabel yang memiliki kepraktisan dan kekuatan yang lebih baik dari yang ada sekarang. Penyimpan data itu tidak akan berbentuk seperti yang ada saat ini, melainkan akan lebih tipis dan praktis mirip seperti lembaran post it. Istimewanya lagi, selain tipis, alat ini juga tidak akan memerlukan colokan khusus pada komputer atau laptop untuk transfer data.

Alat yang diberi nama Datastickies ini hanya perlu ditempelkan pada perangkat komputer untuk mengirim data. Perangkat ini dibuat dengan model lembaran-lembaran tipis. Penggunanya hanya tinggal mencopotnya satu demi satu untuk kemudian menempelkannya pada perangkat elektronik untuk digunakan. Persis seperti menggunakan notes post it. Meski masih dalam tahap perkembangan, produk ini telah dinilai mampu menggantikan USB flash drive pada masa yang akan datang.

Bahan pembuat Datastickies adalah graphene. Bahan ini material konduktif superkuat yang terbuat dari lapisan monoatom karbon. Alat ini dibuat dengan graphenedengan ketebalan minimal satu atom. Satu lembar tipis graphene ini mempunyai kapasitas untuk mengangkut volume data yang sangat besar.

Alat ini tercipta dari gagasan arsitek dan Industrial Designer asal India, Aditi Singh dan guru besar Universitas New Delhi, Parag Anand. ”Datastickies adalah konsep desain untuk graphene yang berbasis flash drive dan bisa menggantikan USB drive untuk menyimpan data pada masa depan,” papar Singh, seperti dikutip Daily Mail.

Menurut Singh, dalam beberapa kondisi, drive berbasis USB bisa tidak nyaman dipakai karena posisi dan pemasangan drive di slotUSB harus dilakukan dengan tepat. ”Ketika slot-nya ada di bagian belakang perangkat, seperti yang ada dibanyak komputer desktop, tugasini (memasang flash drive) bisa menjadi masalah,” papar dia. Karena itulah, Datastickies ini dibuat untuk menyelesaikan masalah dengan menyimpan data pada lembaran-lembaran drive mirip catatan yang ditempel.

Tiap lembar Datastickies yang digunakan, file akan dipindahkan melalui Permukaan Optik Transfer Data (ODTS) yang merupakan panel khusus yang dapat menempel pada permukaan perangkat. Ketika tengah ditempel dan file sedang dibaca oleh perangkat, ujungujungnya akan menyala. Sementara perekat khusus yang digunakan untuk menempelkan ke perangkat elektronik adalah bahan konduktif sebagai media yang mentransfer data.

”Bahan konduktif ini perekat lunak khusus, yang memiliki kemampuan adesif terhadap tekanan sensitif dan bisa dipakai lagi tanpa meninggalkan tanda seperti notes yang dipakai lagi,” papar Singh. Nanti Datastickies akan ditawarkan dalam berbagai warna dan pola berdasarkan jenis dan ukuran sesuai selera penggunanya. Tak hanya itu, untuk menyimpan volume data lebih besar, disajikan pula dengan beragam kapasitas daya.

Dalam satu tumpuk Datastickies, pengguna bisa mendapatkan beragam kapasitas mulai dari 8GB, 16GB, hingga 32GB. Tiga ukuran ini dapat ditumpuk bersama sehingga memiliki kapasitas 56GB yang juga dapat dibawa ke mana pun secara bersamaan. Agar tidak melupakan isi data yang dimasukkan pada perangkat ini, permukaan Datastickies ini bisa ditulisi dan lembaran Datastickies ini pun tidak mudah hilang karena mereka dapat melekat di atas objek apa pun.

Menurut desainer, graphene (lapisan monoatom karbon datar) merupakan bahan revolusioner yang disebut-sebut sebagai lanjutan yang akan mengubah cara beberapa hal bekerja dan bahan tersebut sangat memungkinkan akan menjadi komersial meski masih diperlukan beberapa tahun lagi penelitian.

”Kami tengah mengembangkan produk tambahan dan aplikasi untuk Datastickies dari ide dasar teknologi humanis dan menjembatani kesenjangan antara dunia nyata sebagai fokus kami,” pungkas Singh.

www.koran-sindo.com

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply