Syrian Electronic Army: Jangan menggunakan e-mail milik Microsoft


Syrian Electronic Army: Jangan menggunakan e-mail milik Microsoft

ON VS OFF - Kembali berulah, sebuah grup peretas Syrian Electronic Army (SEA) telah membajak platform layanan video-chatting milik Microsoft, Skype

Melansir BBC, Kamis 2 Januari 2014, SEA memposting pesan anti surveilans atau aktivitas pengumpulan data. Grup peretas itu juga meninggalkan pesan agar orang-orang tidak menggunakan layanan e-mail dari Microsoft.

"Jangan menggunakan e-mail milik Microsoft, termasuk Hotmail dan Outlook. Mereka memantau akun dan data-data Anda kemudian menjualnya kepada pemerintah," tulis SEA di blog dan akun Twitter resmi milik Skype.

Pihak Skype mengakui telah terjadi peretasan pada blog dan akun Twitter-nya. Layanan video chatting populer itu juga telah menghapus pesan yang dituliskan oleh grup peretas SEA.

Tindakan peretasan ini merupakan respons para peretas atas ulah National Security Agency  (NSA) Amerika Serikat yang melakukan pengawasan kepada seluruh pengguna Internet di dunia.

Dari data-data yang dibocorkan Edward Snowden, NSA diketahui memiliki akses ke server milik sembilan perusahaan teknologi besar di dunia. Seperti Microsoft, Yahoo, Google, Facebook, PalTalk, AOL, Skype, YouTube, dan Apple.

Dalam kasus Microsoft, laman Guardian membeberkan bahwa NSA memiliki akses ke sebagian besar produk andalan Microsoft, mulai dari Hotmail, Outlook.com, Skydrive, dan Skype.

Menurut data tersebut, perusahaan besutan Bill Gates itu bukan hanya memberikan data pengguna, tapi juga memudahkan badan keamanan itu untuk mendapatkan akses ke seluruh enkripsi dan mengoleksi data dari akun pengguna Outlook.com, Skype, dan SkyDrive.

Sebelumnya, sekitar bulan Oktober silam, kelompok peretas asal Suriah, Tentara Elekronik Suriah (Syrian Electronic Army), juga pernah meretas tautan di akun Twitter dan Facebook Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Dikutip dari laman Quartz, berbagai e-mail staf kampanye Obama yang tertampang pada akun Twitter Obama berhasil diretas.(*/viva)

Related News

1 komentar:

  1. wah memang canggih sekali situs besar itu bisa diretas sungguh menakjubkan, thanx ya gan.

    BalasHapus