Lobak dan Kemangi ditanam Nasa di Bulan

lobak, kemangi, budidaya, nasa, bulan, teknologi



ON VS OFF - Sebuah tim kecil dari Ames Research Center milik NASA tengah mengupayakan sebuah proyek prestisius yang agak sedikit nyeleneh. Mereka berencana untuk melakukan penghijauan di bulan dengan menanaminya.

Seperti yang dilansir Forbes (20/11), rencananya pada 2015 mendatang hal ini akan segera dilakukan. Jika sukses, maka inilah kali pertama manusia berhasil melakukan cocok tanam di luar bumi.

Adapun tanaman yang nantinya akan ditumbuhkan tim yang menamakan dirinya Lunar Plant Growth Habitat ini bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah tanaman konsumsi seperti arabidopsis, kemangi, bunga matahari, dan lobak yang semuanya ditanam dalam media berukuran kaleng kecil.

Kaleng ini sendiri bukan sembarangan karena telah dilengkapi dengan kamera, sensor, dan sambungan listrik. Perangkat ini memang disiapkan untuk mengetahui perkembangan tanaman tersebut selama ditempatkan di bulan.

Kaleng tersebut juga telah didesain sedemikian rupa sehingga diyakini mampu menjaga temperatur, tingkat kelembapan, dan tenaga untuk menghadapi kerasnya iklim bulan. Dengan begitu, manusia tak harus tiap hari menyiraminya satu per satu.

Upaya ini sendiri dilakukan bukannya tanpa alasan. Setidaknya, NASA berupaya untuk mencari lahan cocok tanam baru di tengah polusi dan kurangnya lahan bertanam di muka bumi.

Untuk biaya sendiri NASA akan mencoba menggalang sumbangan. Sementara, mereka juga tengah mempertimbangkan kompetisi berhadiah terbang ke bulan yang dibuat oleh Google sehingga bisa menghemat pengeluaran itu.

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply