Hamas Akan Hentikan Serangan Terhadap Israel


Hamas Akan Hentikan Serangan Terhadap Israel
Tersiar kabar bahwa peperangan berdarah antara Israel dan Hamas tidak akan terjadi lagi meskipun gencatan senjata masih berlangsung. Kabar itu datang dari pihak Hamas meskipun mereka sempat menolak untuk menghentikan serangan.

Melansir dari Times of Israel, Jumat (15/8/2014), sebuah sumber Hamas mengatakan bahwa dia percaya pertempuran tidak akan kembali terulang. Bahkan jika kesepakatan tidak tercapai pada hari Senin 18 Agustus 2014.

Sejumlah pejabat Palestina pun sempat menyuarakan optimismenya, akan ada kemajuan dalam dialog yang sedang berlangsung di Kairo, Mesir.

Sejauh ini, dialog antara Hamas dan Israel tengah berlangsung dan akan berakhir pada Senin pekan depan. Dalam dialog tersebut Hamas tetap membahas poin utamanya yakni pencabutan blok Gaza dan pengaktifan akses pelabuhan dan bandara.

Seperti diketahui akibat konflik itu, sebanyak 2.000 warga sipil telah tewas di Gaza. Sementara dari pihak Israel sebanyak warganya tewas akibat serangan roket Hamas yang dilancarkan dari wilayah Gaza.

Kedua belah pihak pun saling menyalahkan satu sama lain. Serangan yang dilancarkan oleh Israel dianggap sebagai pelanggaran internasional. Mengingat pertempuran tersebut mengakibatkan ribuan warga sipil tewas.

Namun, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sepakat akan melakukan penyelidikan terhadap Israel dan Hamas untuk membuktikan apakah kedua belah pihak melakukan kejahatan kemanusiaan atau tidak. (oke/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply