Upacara Berbahasa Jawa Untuk Peringati Hari Kartini

Upacara Berbahasa Jawa Untuk Peringati Hari Kartini

Upacara Berbahasa Jawa Untuk Peringati Hari Kartini

Dalam rangka memperingati Hari Kartini ratusan siswa di SMA Ksatrian 2 Semarang menggelar upacara dengan menggunakan bahasa Jawa, Senin (21/4).

Seluruh petugas dan inspektur dalam upacara ini semuanya wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa, kebaya. Pun demikian dengan sekitar 600 siswa peserta upacara. Sehingga nuansa upacara pagi ini terasa lain dari biasanya.

Menurut Ketua Panitia, Mai Yusro mengatakan, kegiatan upacara bernuansa adat Jawa dan adat Nusantara ini menjadi agenda rutin di sekolahnya.

Pada peringatan tahun ini, pihaknya juga menggelar berbagai lomba serta kegiatan untuk memperkenalkan budaya khas  Jawa. "Meliputi pemilihan Sinang dan Sinok, lomba Kartini dan Kartono, lomba gobaksodor, menghias aneka jajanan khas Jawa serta lomba dolanan anak," jelasnya. Khusus untuk pemilihan Kenang dan Kenok sudah menjadi agenda dua tahunan di sekolah ini. Pemenang akan diproyeksikan untuk model promo sekolah.

Peserta kelas terdiri atas siswa kelas X dan kelas XI. "Tujuannya agar budaya daerah khas Jawa Tengah ini tak dilupakan para siswa," tambah pembina Osis SMA Ksatrian 2 Semarang ini.  (rol/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply