Google Rayakan Ulang Tahun Grace Hopper

google, Grace Hopper, komputer, program bahasa komputer

Google Rayakan Ulang Tahun Grace Hopper

ON VS OFF - Grace Murray Hopper adalah seorang ilmuwan komputer dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia lahir pada tanggal 9 Desember 1906 dan meninggal pada tanggal 1 Januari 1992 pada umur 85 tahun. Dan pada hari ini google dan dunia merayakan ualang tahun Grace Hopper yang ke 107, sebagai penghormatan terhadap jasa Grace

Menjadi pelopor di bidangnya, ia adalah salah satu pemrogram komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer.

Ia menyusun konsep mesin-independen bahasa pemrograman, yang menyebabkan perkembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama. Hopper juga dianggap sebagai tokoh yang memopulerkan istilah "debugging" untuk memperbaiki gangguan pada komputer (terinspirasi dari ngengat yang ditemuinya pada komputernya). 

Karena banyaknya prestasi dan pangkatnya di angkatan laut, ia dijuluki dengan "Amazing Grace".Kapal penghancur Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Hopper (DDG-70), dinamai berdasarkan namanya, begitu juga dengan superkomputer "Hopper" Cray XE6 di NERSC dan ruang belajar Universitas Teknologi Chalmers.

Pada tahun 1943, saat Perang Dunia II meletus, Hopper memperoleh cuti dari Vassar dan bergabung dengan Reservasi Angkatan Laut Amerika Serikat, Ia menjadi satu dari banyak perempuan yang menjadi sukarelawan di WAVES. Pada tahun 1949, Hopper bekerja sebagai karyawan di Eckert-Mauchly Computer Corporation, menjabat sebagai ahli matematika senior dan bergabung dengan tim pengembang UNIVAC I.

Pada tahun 1952, ia menciptakan sebuah kompilator operasional,dan pada 1954 Hopper ditunjuk sebagai direktur pemrograman otomatis perusahaan. Hopper dan departemennya merilis beberapa bahasa pemrograman berbasis kompilator pertama, termasuk MATH-MATIC dan FLOW-MATIC.

Pada musim semi 1959, konferensi dua hari yang dikenal dengan Konferensi Bahasa Sistem Data CODASYL digelar oleh para ahli komputer, bersama dengan kalangan industri dan pemerintah. Dalam konferensi itu, Hopper menjabat sebagai konsultan teknis, dan ia bersama mantan karyawannya mengembangkan bahasa pemrograman baru yang dikenal dengan COBOL

Penghargaan dan pengakuan

1969: Hopper dianugerahi penghargaan "computer sciences man of the year" oleh Data Processing Management Association.
1971: Penghargaan tahunan Grace Murray Hopper Award for Outstanding Young Computer Professionals didirikan pada 1971 oleh Association for Computing Machinery.
1973: Hopper menjadi orang Amerika Serikat pertama dan wanita pertama di dunia yang dianugerahi Distinguished Fellow of the British Computer Society.
1982: Ia menerima American Association of University Women Achievement Award.
1986: Menerima Defense Distinguished Service Medal.
1987: Menjadi penerima Computer History Museum Fellow Award.
1988: Menerima Golden Gavel Award di konvensi Toastmasters International di Washington, DC.
1991: Menerima National Medal of Technology.
1996: USS Hopper (DDG-70) diluncurkan. Dijuluki dengan Amazing Grace, ini adalah satu-satunya kapal militer AS yang dinamai berdasarkan nama wanita.
2001: Eavan Boland menulis sebuah puisi yang didedikasikan untuk Grace Hopper berjudul "Code".
2009: National Energy Research Scientific Computing Center menamai kapalnya "Hopper".
2013: Tampil di fitur Google Doodle pada halaman utama mesin pencari Google.

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply