Konsumsi Garam Tinggi Sebabkan Gangguan Tidur

Konsumsi Garam Tinggi, Penyebab Gangguan Tidur, Sleep Apnea
Konsumsi Garam Tinggi Sebabkan Gangguan Tidur

Mengkonsumsi garam berlebihan selama ini dikenal sebagai sumber masalah kesehatan, salah satunya sebagai penyebab hipertensi. Namun ternyata garam juga bisa menyebabkan gangguan tidur, khususnya sleep apnea.

Dari segi kedokteran, konsumsi garam sebaiknya tak lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh per hari. Jika hanya memakan masakan sendiri tentunya hal ini masih bisa dikontrol, namun jika lebih sering mengonsumsi makanan yang dibeli, ini jadi perkara lain.

Selain bisa memicu hipertensi, ternyata mengonsumsi garam berlebihan juga bisa sebabkan gangguan tidur. Garam memiliki sifat mengikat air dan terlalu banyak kadar garam dalam tubuh bisa membuat tubuh mengandung banyak air. Peningkatan air dalam tubuh ini juga bisa memicu permasalahan tidur yang membuatmu merasa lelah dan tak segar pada pagi hari.

Sebuah penelitian di Brazil yang dipusatkan di Rumah Sakit Clinicas de Porto Alerge menunjukkan bahwa diet garam bisa mengurangi permasalahan sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi di mana seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat karena bagian tenggorokkan mereka tertutup.

Konsumsi garam berlebihan bisa mempengaruhi jumlah air dalam tubuh. Ketika seseorang berbaring, cairan ini mengalir ke ke arah leher dan menyebabkan seseorang mengalami sleep apnea. (fml/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply