Hologram Di Atas Coklat Untuk Jaminan Keaslian


Portal.ONVSOFF.com - Morphotonix, sebuah perusahaan di Lausanne, Swiss, mengembangkan cara untuk mencetak hologram warna-warni di atas potongan coklat untuk menunjukkan keaslian coklat tersebut.

Teknologi inovatif yang digunakan Morphotonix memungkinkan pembuatan tanpa penggunaan zat aditif. Mikrostruktur spesifik pada permukaan coeklat menguraikan sinar untuk membentuk hologram. Hal ini bekerja dengan cara yang sama seperti hologram keamanan pada kartu kredit. Namun penerapan pada cokelat lebih sulit dibanding pada kartu kredit.

Efek hologram dibuat melalui injection-moulding. Morphotonix membuat sketsa struktur hologram ke dalam cetakan master yang terbuat dari logam. Dari cetakan master ini dibuat juga cetakan plastik yang dapat diisi dengan cokelat leleh. Jenis dark chocolate dan milk chocolate dapat digunakan pada pencetakan cokelat. Namun, beberapa jenis cokelat tertentu tidak cocok dengan proses moulding.

"Kami telah mencoba dengan berbagai jenis cokelat. Kadang cokelat ini bekerja dengan baik dan kadang meski sudah berusaha keras cokelatnya tidak terbentuk," sebut CEO Morphotonix, Veronica Savu, seperti dilansir dari newscientist (13/05/2014).

Savu juga menyebutkan mereka sedang mengaplikasikan teknik hologram untuk dicetak pada produk-produk lain. Nantinya pada produk tersebut terdapat tanda keasliannya. Menurut Savu, dibanding memakai sticker hologram lebih baik hologram langsung ditanamkan pada produk.

Morphotonix mulai mengembangkan teknologinya pada tahun 2012 dan kini bekerja dengan produsen cetakan cokelat Jerman untuk menjualnya ke pasaran. Kedua perusahaan baru-baru ini mempresentasikan hasil kerjasama dalam Interpack, sebuah pameran kemasan di Dusseldorf Jerman. (dtk/rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply