Arti kemerdekaan Indonesia di jaman sekarang

menjelang hut kemerdekaan nkri, negara kesatuan indonesia, makna dan arti kemerdekaan, arti kemerdekaan indonesia, indonesia jaman sekarang
Arti kemerdekaan Indonesia di jaman sekarang

Arti kemerdekaan Indonesia di jaman sekarang
( yohanes m wain )

Portal.ONVSOFF.com - Apa itu kemerdekaan, merdeka untuk apa..? hari itu sudah sangat lama berlalu tapi masih tetap teringat dalam benak ini, pagi itu seperti biasanya saya duduk dan menikmati segelas kopi di depan rumah ku, sepintas ku lihat di seberang ( tetangga rumah ku ) pak kardi sebut saja namanya begitu ( almahrum ) terlihat gelisah dan murung, pa kardi adalah seorang pensiunan tentara di jamannya pak soeharto, saya pun beranjak mendekati rumah pak kardi sambil membawa kopi yang baru saya buat

Singkat kata saya pun bertanya, apa kiranya yang membuat bapak gelisah, dia pun mengerutu segalah makian dan kata kotor di keluarkannya, saya dan teman teman rela mati untuk tanah itu, se enaknya saja, mereka pergi dan bilang MERDEKA, tau apa mereka tentang merdeka, tau apa mereka tentang susahnya kami yang merebut tanah itu ungkap pa Kardi kesal

ya mau gimana lagi pa, mereka sekarang sudah pisah dengan indonesia, ya terimah saja kata ku

Pa kardi langsung bangkit berdiri dan menatap ku dengan muka marah ( dan saya pun yakin dia benar benar marah ) kalian anak muda berpendidikan tapi bodoh, tangannya keliatan bergetar saya waktu itu berada di hutan berbulan bulan, saya cuma di bekalin senjata dan peluru, kalian pikir saya ini bodoh menyerahkan diri begitu saja, kalain pikir saya tidak punya otak melakukan hal itu, saya lakukan itu hanya untuk RI hanya untuk Indonesia, di kepala, saya ikatkan benderah merah putih, itu yang menjadi kukatan saya dan membuat saya bisa bertahan.

Sekarang kalian seenaknya saja bilang merdeka, sekarang kalian seenaknya saja berkata di jajah, lihat kami, apakah yang kami lakukan dulu, apakah itu salah di mata kalain, berpikir tidak betapa susahnya kami yang berperang dan mempertahankan tanah ini ucap pak kardi ketus

Waktu itu sudah berlalu dan sangat lama tapi masih ku ingat

Memahami arti kemerdekaan di jaman sekarang alangkah susahnya, bernar kata pak kardi kalian berpendidikan tapi bodoh, kemerdekaan jaman sekarang tidaklah luput dari kekerasaan, korupsi dan penindasan, kemerdekaan jaman sekarang tidaklah lebi dari sebuah reformasi, gerakan membangkang dari RI, dan sebagainya yang hanya akan melunturkan citra Merah dan Putih, Merah dan Putih di anggap hanyalah sebagai kain penghias tiang bendera, merah dan putih tidak lagi merasuk kedalam jiwa dan menjadi kekuatan dalam mempertahankan NKRI, semuanya sudah terlalu pintar, hingga kelihatan bodohnya

Indonesia seakan luntur nilai budayanya, kemerdekaan reformasi yang ke bablasan, tidak bisa lagi saling menghargai, menghormati, bayangkan seorang anak kecil yang beranjak dewasa menyapa orang lain yang seumuran dengan orang tuanya dengan kata anda dalam sebuah diskusi yang tak berbobot, seperti halnya kamu menyebut Presiden RI dengan sebutan SBY, apa lagi secara gamblang dan terang terangan seorang ketua ormas berani mengancam dan mengatai presiden RI, dan apa yang kita lakukan, kita hanya diam melihat dan mendengar, bayangkan saja jika ini terjadi pada jaman presiden pertama dan kedua

Ah waktu sudah beranjak pagi namun aku masih memikirkan arti dari kemerdekaan di jaman sekarang ini, apakah merdeka berarti bisa melakukan apa saja, apakah merdeka berarti menghilangkan sebagian budaya luhur negara kita..? apakah merdeka berarti berdiri dan memisahkan diri dari NKRI, apakah merdekah berarti harus bangkit dan merobek bendera merah putih, apakah merdeka berarti harus bangkit berdiri rapatkan barisan dan membangun kembali NKRI..?

Semoga anda yang pintar tidak lagi menjadi pintar yang terlihat bodoh, salam perjuangan, hidup NKRI

Menjelang Hut kemerdekaan NKRI

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply