Pernak-pernik Clay, Kerajinan Tangan Cantik Dari Bahan Unik

Pernak-pernik Clay, Kerajinan Tangan Cantik Dari Bahan Unik

Pernak-pernik Clay, Kerajinan Tangan Cantik Dari Bahan Unik

Clay dapat dijadikan berbagai macam pernak-pernik cantik dan lucu seperti gantungan kunci, bros hingga pajangan. Semakin kecil kreasi dari clay ini dibuat, maka semakin tinggi nilai seninya. Clay dalam bahasa Indonesia berarti tanah liat, tapi ternyata clay bukan hanya terbuat dari tanah liat.

Saat ini tanah liat atau lempung sudah jarang ditemukan. Selain itu, jika kita mau membuat hasil kreasi seperti ini, kita harus rela untuk menyatu dengan pekatnya tanah liat yang kotor. Karena itu para pengrajin pernak-pernik clay sekarang ini membuat clay dari bermacam-macam bahan tetapi adonannya memiliki sifat seperti clay, liat dan dapat dibentuk dengan mudah.

Clay setelah dibentuk kemudian dibakar dengan oven, lama pembakaranya tergantung dari tipis tebal nya clay yang kita bakar, pembakaran pun harus cermat dan hati-hati, karena hasilnya bisa gosong (menghitam), atau bahkan bisa kurang matang (lembek). Setelah clay dingin, kita dapat mengolesnya dengan cairan glossy warna-warni selain untuk melindungi permukaan clay, juga untuk memperindah hasil clay.

Macam-macam clay yang tersedia sekarang dibuat dengan bahan yang mudah didapat dan, tentunya, bersih dari kotoran. Jenis clay bermacam-macam, salah satunya terbuat dari ‘tepung kue’. Kelebihan dan keunikan clay dari tepung kue adalah bahan dasar yang murah dan mudah didapat.

Selain dari tepung kue clay dapat juga dibuat sendiri dengan material yang ada dirumah seperti dari bubur kertas, roti sisa, hasilnya tidak kalah bagus dengan clay yang dijual dipasaran, hanya saja kekuatannya jelas berbeda.

Clay yang terbaik adalah jenis Polymer Clay, Polymer Clay pertama kali ditemukan tahun 1930 an di Germany, tapi lebih banyak berkembang di Amerika dibandingkan negara asalnya. Clay ini termasuk yang paling mahal, masih langka di Indonesia.

Selain Polymer Clay masih banyak jenis-jenis clay yang lain. Berikut ini beberapa jenis clay yang umum dan mudah didapat di Indonesia.

Lilin Malam

Lilin Malam

Ini juga termasuk "keluarga" clay, biasanya untuk mainan anak-anak, banyak dijual di toko-toko buku bermacam-macam warna dan mudah dibentuk. Bentuk akhirnya tetap lunak tidak akan mengeras dan dapat diolah kembali.

Paper Clay

Paper Clay

Terbuat dari bubur kertas, kebanyakan dijual dengan warna putih dan ada juga dengan campuran gips (seperti kapur). Hasil akhirnya keras dengan cara diangin-anginkan dan di cat diberi warna. (dapat juga sewaktu diulenin langsung ditambah warna). Paper clay dapat dibuat sendiri dengan cara merendam kertas.

Plastisin Clay (Clay Tepung)

Plastisin Clay (Clay Tepung)

Hampir sama dengan Lilin malam hanya saja tidak selunak lilin malam dan lebih mantap bentuknya (lebih keras dibandingkan lilin malam). Plastisin Clay dapat dibuat sendiri dan cukup mudah dikerjakan bersama anak-anak.

Polymer Clay

Polymer Clay

Clay yang paling mahal, masih langka di Indonesia. Proses pengeringannya dengan cara di oven (bukan pakai oven kompor). Hasil akhirnya tergantung jenis clay nya, mau seperti kayu, batu alam, metal atau plastik. Berbagai macam merek polimer clay dijual diberbagai toko kerajinan tangan, setiap merek mempunyai kelebihan dan kekurangan, diantaranya yang amat dikenal dikalangan pecinta polimer clay; sculpey III, premo sculpey, premo soft, fimo, fimo soft, cernit, kato clay dan berbagai macam liquid clay (cair).

Jumping Clay

Jumping Clay

Clay ini jika diangin-angin kan akan kering dan tidak dapat diolah lagi, hanya saja jadinya ringan seperti gabus. Dijual dengan berbagai macam warna didalam kantung alumunium foil (biasanya). Cocok untuk dibuat menjadi boneka-boneka hewan atau manusia kecil.

Air Dry Clay/clay Jepang/clay Korea

Air Dry Clay

Hampir sama dengan jumping clay, hanya saja bentuk akhirnya lebih padat. Dijual dengan berbagai macam warna dan dibungkus dengan plastik kedap udara (biasanya). Cocok untuk membuat miniature buah-buahan, sayuran, makanan atau lainnya.

Clay Asli (Tanah Liat/Keramik)

Clay Asli (Tanah Liat/Keramik)

Pasti semua tahu yang ini, clay asli dari alam untuk membuat tembikar. Cara pengeringannya setelah diangin-angin dibakar kedalam tungku.

Clay Imitasi

Clay Imitasi

Tidak semua tahu perihal tentang clay ini. Yang pasti clay ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik mobil, atau industri besar lainnya untuk dijadikan model produk. Warnanya coklat tua dengan cara dipanaskan dahulu, agar dapat dibentuk. Hasil akhirnya lumayan kokoh, tapi masih bisa diolah lagi kalau dipanaskan.

Gips

Gips

Gips terbuat dari bahan kapur yang dikeraskan. Cara pembuatannya, adonan yang encer dicetak (menjadi pot, hiasan kulkas, pajangan, dll), diangin-angin kan lalu di cat. Atau dapat juga dipadatkan berbentuk balok, lalu di ukir menjadi patung, abstrak atau lainnya. (rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply