Kepler-186f, Planet Pertama Seukuran Bumi yang Layak Huni?

Kepler-186f, Planet Pertama Seukuran Bumi yang Layak Huni?

Tim astronom NASA yang dipimpin oleh Elisa Quintana menemukan planet baru dengan besar 1,1 kali ukuran Bumi. Planet yang kemudian diberi nama Kepler-186f ini ditemukan dengan menggunakan Teleskop Kepler ini mengorbiti sebuah bintang yang berukuran lebih kecil dan lebih dingin dari matahari selama 130 hari sekali orbit. Bisa jadi ini adalah planet pertama di luar tata turya yang bisa di huni oleh manusia.

Kepler-186f berada di zona layak huni atau yang biasa disebut 'Goldilocks Zone'. Goldilocks Zone adalah zona yang memiliki suhu tepat sehingga memungkinkan terbentuknya air. Air merupakan salah satu yang terpenting bagi kehidupan sehingga dapat disimpulkan planet yang seukuran dengan bumi dan terdapat air bisa saja memiliki kehidupan seperti di Bumi.

"Untuk pertama kalinya, kita dapat mengatakan bahwa kita sekarang memiliki planet yang berukuran sama dengan Bumi dan mengorbit dalam zona bintang yang dapat ditinggali," katanya.

Namun planet itu tidak serupa dengan Bumi, menurut ilmuwan keplanetan NASA Elisa Quintana.

"Lebih kepada sepupu Bumi, bukan kembaran Bumi. Karakteristiknya sama, namun bintang induknya sangat berbeda," ujarnya.

Langkah berikutnya adalah untuk mencari jejak-jejak kehidupan di atmosfer-atmosfer dunia yang jauh ini. Hal ini memerlukan teleskop antariksa yang lebih canggih. Namun pengurangan anggaran mengancam misi tersebut.

Meski demikian, Quintana yakin saat teleskop generasi mendatang dapat diluncurkan, manusia akan menemukan bahwa mereka tidak sendiri di alam semesta ini.

Sebelumnya Teleskop Kepler telah menemukan dua planet serupa bumi di luar tata surya namun dengan ukuran yang lebih besar dan jarak yang lebih jauh di luar tata surya. (rsn-onvsoff)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply