Bentrok di Kiev, mantan Menteri Ukraina Terluka

Mantan Mendagri Ukraina dan tokoh oposisi,
Yuriy Lutsenko terluka akibat bentrokan
Bentrok di Kiev, mantan Menteri Ukraina Terluka

ON VS OFF - Bentrokan antara demonstran dan polisi anti hura - hura Ukraina, merupakan demo lanjutan dari rentetan konflik politik antara demonstran dan Presiden Yanukovych.

Dilaporkan bahwa sejumlah orang terluka dalam bentrokan tersebut, salah satu Mantan menteri dalam negeri Ukraina dan tokoh oposisi terkemuka, Yuriy Lutsenko adalah salah-seorang yang terluka.

Aksi kekerasan pecah setelah tiga aktivis dipenjara atas tuduhan merencanakan aksi teror.

Bentrokan terjadi saat unjuk rasa menolak sikap pemerintah Ukraina yang menolak penandatanganan kesepakatan dengan Uni Eropa.

Sebaliknya, Presiden Viktor Yanukovych mencapai kesepakatan kepabeanan dengan Rusia pada Desember 2013 lalu.

Aksi kekerasan terjadi di luar gedung pengadilan di Kiev, ketika massa berkumpul untuk menunggu putusan sidang terhadap anggota organisasi sayap kanan.

Setelah hakim mengakhiri sidang, demonstran mulai beraksi dengan memblokir bus yang ditumpangi anggota polisi anti huru hara.

Bentrokan tidak terelakan setelah pengunjuk rasa melemparkan cat ke arah jendela dan mulai menggoyang kendaraan polisi tersebut.

Polisi anti huru hara menahan seorang aktivis di tengah bentrokan dan dilaporkan telah menahan sejumlah demonstran.

Peristiwa kekerasan ini merupakan lanjutan dari rentetan konflik politik antara demonstran dan Presiden Yanukovych, kata wartawan BBC di Kiev.

Ukraina mengalami aksi protes terbesar sejak Revolusi Oranye 2004.

Kelompok oposisi menuduh Yanukovych terlibat korupsi dalam pembangunan rumah dinasnya di luar ibu kota Kiev, tetapi Yanukovych membantah tuduhan tersebut.(bbc)

Related News

Post Comment

Tidak ada komentar:

Leave a Reply